ORANG SUNDA JUGA PUNYA KATA-KATA MUTIARA

3 comments
ORANG SUNDA JUGA PUNYA KATA-KATA MUTIARA - Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah di NKRI yang populer dan banyak digunakan serta disenangi oleh khalayak. Dari mulai rakyat biasa sampai artis, bahkan petinggi negara. Orang luar negeri banyak yang ingin mempelajari bahasa Sunda plus budaya. Bahasa Sunda memang telah menjadi salah satu aset budaya bangsa.

Tidak hanya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, bahasa Sunda pun mengenal kata mutiara cinta. Yap, kata mutiara cinta bahasa Sunda tentu mempunyai rasa tersendiri dibanding bahasa lainnya ketika Anda membacanya. Selain kata-katanya terdengar unik di telinga juga cara membacanya memiliki perbedaan apalagi artinya. Namun tak ada ruginya Anda mengenal bahasa Sunda untuk menambah wawasan pengetahuan.

BERIKUT ADALAH KATA MUTIARA CINTA BAHASA SUNDA

Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.
Kabagjaan teh sanes mung seueurna harta, kabjaan teh ayana dina hate urang nu teu weleh ngucap sukur naon nu dipaparinanna.
Ayana kasusah dina hiji urusan kupedah ayana kagampilan. Ulah di tempo kasusahna tapi tempo mah jalan kaluarna ngarah temu jeung bagjana.
Aku tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, amburadul.
Upami ningali kembang kacipta manehna ngalangkang.
Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri hayandani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.
Ulah hayang nyerah tina kagagalan mah, kagagalan oge teu daek nyerah ngegagalkeun aranjeun.
Hatiku bukan sangu sesa yang bisa kau remehkan.
Kanyaah akang moal luntur najan make bayclean.
Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut dari pada laki-laki goreng milik.
Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.
Matak salingkuh ge tandana teu payu da lamun payu mah pasti satia.
Kamu tuh kayak hujan, udah jarang datang, pas datang, perginya cepat banget.


Terkadang di dalam perjalanan yang mulus kita sering tijalikeuh, tapi kita tetap harus maju dan berlari sanajan bari ingked-ingkedan.
Arti dari sanajan bari ingked-ingkedan : meskipun sambil ngesot
Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.
Artinya : Tetap tersenyum meskipun hatinya sedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.
Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga coklat.
Artinya : Terkadang kalau cinta udah melekat, taik kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.
Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy di inget inget nepi ka poho.
Artinya : Kenangan indah saat bersama dengan mu akan terus di ingat-ingat sampai lupa
Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.
Artinya : Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.
Mending lila ngajomblo tuluy kawin. Daripada lila bobogohan, tapi dikawin ku batur.
Artinya : Lebih baik lama ngejomblonya terus nikah. Daripada lama pacaran, tapi di nikahin orang lain.
Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.
Artinya : Gue jomblo bukan karena gak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.
Bobogohan sama kamu mah bikin hate dan dompet aing tambah rujad.
Artinya : Pacara sama kamu bikin hati dan dompet gue makin hancur.
Urang lain sieun ku pamajikan. Tapi urang sieun teu dibere, nanti aingnya bete.
Artinya : Gue bukanya takut sama istri. Tapi gue takut gak dikasih jatah, nanti gue nya bete.
Tadina ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we.
Artinya : Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka aja.
Moal mandi, tuh lauk oge tiap poe mandi malah hanyir.
Artinya : Gak akan mandi, noh ikan juga tiap hari mandi malah anyir.

Tah sakitu heula KATA MUTIARA CINTA BAHASA SUNDA anu bisa dibagikeun. Insya Alloh lain waktu ditambahan deui. Punten bilih aya tutur kata anu teu enak kana manah, Hapunten pisan Nya!.



3 komentar

makasih mba ngbantu bgt jd saya baru tau kalo sunda juga punya kata kata mutiara

back to top