Ulasan Film: Hereditary (2018)

No Comments

Hereditary merupakan film horor Amerika. Film ini rilis di Sundance Film Festival pada 21 Januari 2018, rilis di Amerika Serikat pada 8 Juni 2018, sedangkan di Indonesia rilis pada 27 Juni 2018. Hereditary disutradarai dan ditulis oleh Ari Aster. Film ini dibintangi oleh Toni Collette, Gabriel Byrne, Alex Wolff, Milly Shapiro, dan Ann Dowd.

Film yang berdurasi selama kurang lebih dua jam ini hanya menyajikan rangkaian adegan tragedi horor dan bisa dibilang sangat menyedihkan bagi seluruh keluarga Graham.

Setelah kematian ibu Annie Graham (Toni Collette) yang bernama Ellen, hidup Annie, suaminya, Steven Graham (Gabriel Byrne), anak laki-lakinya yang berusia 16 tahun, Peter Graham (Alex Wolff), anak perempuan yang berusia 13 tahun, Charlie Graham (Milly Shapiro) tak berhenti dari masalah yang bertubi-tubi datang pada mereka.

Melalui pidato yang dibacakan oleh Annie pada saat pemakaman Ellen, ia mengatakan bahwa Ellen adalah seorang ibu yang sangat rahasia, privat dalam segala hal, juga keras kepala. Pada sebuah komunitas yang Annie ikuti, ia menceritakan tentang hidupnya bahwa ia adalah anak yang tumbuh dengan sakit mental.

Dibalik rahasia yang disimpan oleh Ellen, Annie membuka buku dan barang-barang milik Ellen. Dari sebuah kertas, Annie membaca tulisan yang diantaranya berisi permintaan maaf dan hal-hal yang selama ini ia rahasiakan.

Dalam cerita Hereditary, penonton dibawa kepada tragis dan menyedihkannya hidup Annie dan keluarganya. Kutukan dari nenek moyangnya seperti tak berhenti turun menurun hingga membuat hidup Annie, Steve, Peter, dan Charlie menderita. Semua karakter yang ditunjukkan pastinya sangat tak wajar dibanding orang normal, hanya Steve yang terlihat waras. Tingkat emosional yang ditunjukkan oleh karakter Annie sangat tinggi atas apa yang terjadi pada kedua anaknya.

Cerita Heredity menggabungkan cerita horor supernatural dan psikologikal (karena masalah bermula karena sakit mental yang dialami Annie atas apa yang dilakukan ibunya padanya). Secara keseluruhan cerita, menurut saya, film ini hanya menyuguhkan adegan-adegan horor yang terjadi pada karakter utama. Tak ada pesan tersirat atau ide tertentu yang saya tangkap dari cerita film ini. Dengan akhir cerita yang agak samar, malah menyimpan beberapa pertanyaan di benak saya.

Nilai: 3/5



back to top