Digadang Masuk Oscar, 'A Star is Born' Berpotensi Samai Kesuksesan 'La La Land'

No Comments
'A Star is Born' sukses menuai respon luar biasa, hingga digadang masuk Oscar dan menyamai kesuksesan 'La La Land'.

A Star is Born, judul yang satu ini mungkin sudah cukup diantisipasi oleh para pecinta film, khususnya yang bergenre musikal. Memasang superstar pop Lady Gaga sebagai bintang utama, A Star is Born sendiri menandai debut aktor kawakan Bradley Cooper sebagai sutradara. Dalam film remake yang diproduksi Warner Bros. ini, Cooper juga merangkap jadi penulis skrip, sekaligus beradu akting dengan Gaga. Mereka berdua akan berperan sebagai musisi yang saling jatuh cinta, yang dengan segala masalahnya masing-masing, berjuang untuk meraih kesuksesan dalam karir yang mereka geluti. Terdengar klise tapi tetap menarik?

A Star is Born sendiri baru akan tayang di bioskop bulan depan. Namun film ini rupanya sudah unjuk gigi Toronto International Film Festival, sebuah event yang selalu menjadi tempat lahirnya film-film kelas Oscar. Lantas bagaimana performa A Star is Born yang ditangani sutradara debutan? Apakah film musikal ini berakhir gagal dan dibanjiri kritik pedas, atau justru berhasil tampil mengesankan dan mendapatkan tepuk tangan meriah?

Rupanya A Star is Born sukses menuai respon luar biasa, termasuk dari Adam Chitwood sang editor Collider. Menurut penilaian Chitwood yang telah menyaksikan filmnya, Cooper punya kemampuan menyutradarai yang mantap, dan itu menjadi awal dari kesempurnaan A Star is Born. Chitwood juga menyebut akting Cooper dan Gaga sangat memukau, dan mereka layak untuk diganjar nominasi Oscar. Pujian juga dilayangkan Chitwood kepada sinematografi cantik Matthew Libatique, hingga editing Jay Cassidy yang disebut brilian dan penuh motivasi. Tak ketinggalan, Chitwood juga mengacungkan jempol pada deretan soundtrack A Star is Born, salah satunya lagu I'll Never Love Again yang punya kans memenangkan kategori Best Original Song.

Di atas segalanya, Chitwood menilai A Star is Born adalah tipe film crowdpleaser yang bikin baper, dan karenanya, ia yakin film ini akan sukses di box office. Tak hanya itu, A Star is Born juga dinilai punya modal untuk memenuhi kriteria juri Oscar. Sebut saja transformasi aktor yang impresif dan cerita tentang dunia hiburan yang mengaduk emosi. Memang masih terlalu dini untuk menggadang A Star is Born layak menembus Oscar. Namun dengan segala keistmewaannya, Chitwood penasaran apakah film ini akan menyamai kesuksesan besar La La Land atau bahkan lebih hebat lagi. Apapun itu, Chitwood berani menjamin, segala hype yang melingkari A Star is Born selama ini akan terbayar manis.

A Star is Born akan dirilis 5 Oktober 2018.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

back to top