Pemain Lengkap Film Joker Resmi Diumumkan

No Comments
Seiring proses syuting telah dimulai, film asal-usul Joker akhirnya mengungkap segenap pemain yang terlibat di proyek non-DC Extended Universe.

Seiring proses syuting dimulai, film asal-usul Joker akhirnya mengungkap segenap pemain yang terlibat di proyek non-DC Extended Universe.

Sebagaimana yang diumumkan Warner Bros., disamping Joaquin Phoenix sebagai karakter titel, film ini juga dibintangi Zazie Beetz (Deadpool 2), Robert De Niro (Taxy Driver), Bill Camp (Molly's Game), Frances Conroy (Castle Rock) dan Brett Cullen (Narcos). Nama lainnya yang ikut ambil bagian adalah Glenn Fleshler (Barry), Douglas Hodge (Red Sparrow), Marc Maron (Glow), Josh Pais (Going in Style) dan Shea Whigham (Kong: Skull Island). Sayangnya belum ada keterangan resmi terkait karakter yang mereka perankan. Namun kabarnya Beetz akan tampil sebagai semacam love interest Joker, Conroy akan menjadi ibunda Joker, sedangkan De Niro akan berperan sebagai host acara talk-show yang nantinya jadi sosok penting di balik kemunculan Joker. Adapun Cullen yang disebut akan menggantikan Alec Baldwin sebagai Thomas Wayne, yang tak lain ayah Bruce Wayne a.k.a. Batman.

Film Joker sendiri disutradarai Todd Phillips (The Hangover) dengan naskah yang ia tulis bersama Scott Silver (8 Mile). Nama sineas kelas Oscar, Martin Scorcese, yang selama ini kerap dikatakan menjadi produser justru tak muncul dalam pengumuman studio. Justru yang menjadi kejutan adalah terlibatnya Bradley Cooper sebagai produser bersama dengan Phillips. Ini menandai kolaborasi kelima Cooper dan Phillips, menyusul trilogi The Hangover dan War Dogs. Sementara untuk kru kuncinya, film Joker digawangi sinematografer Lawrence Sher (Godzilla: King of the Monsters), production designer Mark Friedberg (Selma), editor Jeff Groth (War Dogs) dan desainer kostum pemenang Oscar Mark Bridges (Phantom Thread).

Kendati saat ini belum ada sinopsis resmi, detail yang mencuat sejauh ini menyebut film Joker akan tampil sebagai drama kriminal bersetting tahun 80-an, dengan fokus cerita menyoroti perjalanan Joker untuk menjadi dalang aksi kriminal. Dipastikan tak terkait dengan DCEU, film ini pun akan menyajikan studi karakter yang kelam tentang seorang pria yang diabaikan dan dianggap remeh oleh masyarakat. Phoenix pun memprediksi penonton akan merasa ngeri saat menonton film ini.

Tak lama sebelum pengumuman pemain dan kru, film Joker sempat merilis foto perdana Phoenix sebagai musuh ikonik Batman, yang di film ini bernama Arthur. Anehnya, tiada yang istimewa dari penampilan Phoenix sebagai pria yang nantinya menjelma jadi Joker. Tak ada senyuman menyeringai yang memancarkan aura psikopat, tak ada pula makeup khas Joker yang membuatnya jadi villain ikonik DC. Yang ada hanyalah sosok pria biasa yang bahkan cenderung culun dan tak bikin orang yang melihatnya merinding sama sekali.

Namun justru inilah yang mungkin menjadi daya tarik film Joker yang hendak dihadirkan Phillips dan Phoenix. Bagaimana seorang pria macam Arthur bisa bertransformasi menjadi penjahat sinting yang di benaknya hanya ingin menciptakan kekacauan segila mungkin. Menarik untuk mengetahui proses yang dilalui Arthur hingga ia berubah menjadi Joker. Dan karena ini adalah film tentang asal-usul villain populer DC, tampaknya Phoenix baru akan menjadi Joker seutuhnya di pertengahan atau bahkan mendekati akhir durasi.

Rencananya film Joker Phoenix akan dirilis 4 Oktober 2019.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

back to top