Ulasan Film: The Bad Nun (2018)

No Comments

Membaca judul The Bad Nun, bagi yang sudah tahu akan ada film The Nun (universe-nya The Conjuring), pasti berasumsi bahwa film ini akan memiliki nuansa cerita dan atmosfir ketegangan seperti film The Conjuring.

Diawali prolog dari sebuah rekaman vidio pada tahun 1974 yang di dalamnya terdapat seorang anak kecil yang sedang berdiri dengan wajah sedikit ketakutan mendengar suara seorang perempuan yang hanya tangannya saja yang terlihat sedikit menyentuh dagu sang bocah dengan mengatakan:
Yes, that's right. That's beautiful. Stand there, don't move. Well done. Now don't move. Such a strong man, aren't you? Yes, you are. Such a strong man, aren't you? Such a strong man aren't you?

The Bad Nun mengisahkan seorang gadis, Aesha Wadia (Becca Hirani), yang disarankan oleh ibunya untuk mengambil liburan di B&B atau Bed & Breakfast di Kent demi untuk membuat Aesha rileks dan mengubah perilaku buruknya karena kematian ayahnya. B&B tersebut merupakan tempat yang terisolasi, yang jauh dari mana-mana. Tipikal lokasi yang selalu menjadi hunian film-film horor.

Disambut baik dan ramah oleh Dan (Thomas Mailand), sang pemilik B&B, Aesha merasa akan baik-baik saja menempati tempat itu. Namun masalah muncul dan seperti terus menghantuinya pada saat seorang biarawati yang bernama Sister Christy Ann atau Cindy Lamb (Cassandra French), yang beberapa kali datang dan mengetuk pintu rumah itu dan memaksa masuk dengan cara dan upaya apapun untuk bisa masuk ke dalam rumah. Merasa bahwa rumah itu bukan miliknya, dengan cara yang sangat sopan dan baik, Aesha menolak membukakan pintu untuk sang biarawati yang menutupi semua wajahnya.

Film The Bad Nun merupakan film horor Inggris. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini disutradarai dan ditulis oleh Scott Jeffrey.

Jalan cerita film yang judul awalnya The Watcher ini maju. Kisah dan konflik yang hanya berpusat pada Aesha dan biarawati bergerak sangat lambat, membuat saya sedikit mengantuk, dan cukup membuat geregetan juga, hehe. Meskipun begitu, film ini mampu membawa penasaran saya bertanya-tanya siapa biarawati tersebut, mengapa ia memakai pakaian biarawati untuk melakukan kejahatan, dan apa motifnya.

The Bad Nun bukan film horor yang menyajikan elemen supernatural, tidak sama sekali. Cerita film ini lebih mengarah kepada ke kejiwaan seseorang. Barangkali cerita film ini merupakan cerita drama misteri yang dibumbui sedikit suspense dan horor, namun bukan film horor yang dibumbui sedikit drama.

Nilai: 2/5



back to top