Ulasan Film: Our House (2018)

No Comments

Our House merupakan film drama misteri Amerika Kanada Jerman.  Film diangkat dari film independen yang berjudul Ghost From the Machine yang rilis pada tahun 2010. Inti ceritanya hampir sama, namun ada beberapa hal yang dibuat berbeda dalam film ini.

Film Our House disutradarai oleh Anthony Scott Burns dan ditulis oleh Nathan Parker dan Matt Osterman. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam tiga puluh menit ini dibintangi oleh Thomas Mann, Kate Moyer, Percy Hynes White, Nicola Peltz, Robert B. Kennedy, Lucius Hoyos, dan beberapa pemain pendukung lainnya. Our House rilis di Amerika Serikat dan Kanada pada 27 Juli 2018.

Ethan (Thoman Mann), seorang remaja yang cukup jenius yang telah membuat sebuah alat yang ia sebut dengan ELI atau Electromagnetic Induction. Percobaan demi percobaan ia lakukan untuk menyempurnakan alat tersebut, namun belum membuahkan hasil. Dan setelah kedua orangtuanya meninggal karena kecelakaan, Ethan menyimpan alat itu di ruang bawah tanah rumahnya.

Tiga bulan sepeninggalan kedua orangtua Ethan, ia harus mengurus dan bertanggung jawab atas dua adiknya Matt (Percy Hynes White) dan Becca (Kate Moyer). Mau tak mau Ethan harus menjadi orangtua bagi mereka. Dari mencari uang untuk memenuhi semua kebutuhan rumah, mengantar sekolah, hingga mendongengi Becca sebelum ia tidur.

Sambil melakukan semua pekerjaan tersebut, Ethan masih terus mengotak-atik alat penemuannya hingga bekerja dengan baik dan sangat maksimal. Dari hari ke hari alat itu bekerja dengan baik hingga menghasilkan radius yang melampaui rumahnya.

Bersamaan dengan berhasilnya alat tersebut pada saat dihidupkan, hal-hal misterius mulai muncul menghadirkan sesuatu yang berhubungan dengan supernatural. Hal itu ditunjukkan dari perilaku
Becca menjadi aneh dan sering berbicara dengan makhluk tak kasat mata, dan salah satu mahluk yang ia ajak bicara adalah orangtua mereka. Pada saat mesin itu hidup, Becca merasa bahwa orangtua mereka masih ada dan tinggal bersama mereka, dan itu membuatnya "senang".
Antara move on atau stay bagi Ethan, Matt, dan Becca setelah kematian kedua orangtua mereka merupakan inti cerita film ini.

Rangkaian cerita dalam film ini mudah diikuti, sederhana, dan ringan, hampir sama seperti cerita film misteri yang pernah ada. Namun yang menarik dalam cerita ini adalah cerita drama dan misteri dalam film ini berjalan seimbang.

Dari awal hingga pertengahan cerita, film ini menyajikan jalan cerita bagi tiga karakter di atas, terutama Ethan, membangun hubungan siblings atau saudara kandung tetap bersatu tanpa ada konflik yang berlebihan di antara mereka. Dan Ethan merupakan kakak yang sangat baik dan bertanggung jawab atas kedua adiknya pada saat mereka belum bisa menerima kepergian orangtua mereka untuk selamanya. Tak ada sikap dan perilaku yang dibuat berlebihan dalam cerita ini, sangat stabil dan wajar. Dan setelah bagian drama selesai, adegan-adegan menegangkan dan horor mulai ditampilkan. Meskipun bagian pengungkapan misterinya atau klimaksnya tidak terlalu menyeramkan, namun semuanya ditampilkan sesuai dengan porsinya.

Nilai: 3.5/5


back to top